Peres: Israel Kemungkinan Serang Iran

Shimon Peres
Jerusalem: Kabar menyentak itu terucap dari Presiden Israel Shimon Peres. Dia, kemarin malam, mengatakan kemungkinan besar Israel dan negara lain akan menyerang Iran.

"Badan intelijen dari berbagai negara khawatir Iran akan memiliki senjata nuklir," kata Peres kepada dua saluran televisi swasta di Israel. "Kita harus mulai bekerja sama untuk menjamin mereka memelihara komitmen-komitmen mereka. Ini harus dilakukan, dan ada daftar panjang opsi-opsi."

Surat kabar Haaretz, Rabu pekan kemarin, merilis, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Ehud Barak tengah melobi kabinet agar mendapat "restu" menyerang Iran. Tapi, tulis Haaretz, lobi belum mendapat jawaban.

Iran tak gentar. Negeri para mullah itu bahkan mengumumkan Teheran akan "menyiksa" Israel jika menyerang wilayahnya.

Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) pada 8 November silam, dalam sebuah laporannya, menyebutkan Iran tengah memproduksi bahan-bahan yang dapat dipecah--uranium dan plutonium--untuk tujuan damai dan juga bom nuklir.

Satu jajak pendapat yang disiarkan Haaretz, Kamis menyatakan opini publik Israel terbelah mengenai serangan terhadap fasilitas-fasilitas nuklir Iran, dengan 41 persen mendukung, 39 persen menentang dan 20 persen tidak memberikan keputusan.

Israel secara konsisten memperingatkan bahwa semua opsi telah tersedia apabila menyangkut program nuklir Iran, yang negara Yahudi itu dan pmerintah-pemerintah Barat khawatir berusaha membuat senjata nuklir.

Iran membantah memiliki ambisi seperti itu dan menegaskan program nuklirnya adalah untuk pembangkit listrik dan tujuan-tujuan medis.

Israel, Kamis pekan kemarin, menuntaskan latihan pertahanan sipil besar-besaran di daerah Tel Aviv. Latihan bertujuan mensimulasi satu tanggapan serangan rudal konvensional dan non-konvensional. Israel juga berhasil menguji coba satu sistem pendorong roket yang sudah lama direncanakan.(
Metrotvnews.com|Ant/ICH)

0 comments:

Post a Comment

Berikan komentar anda yang membangun....

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls